SEQUENCE OF SERVICE IN RESTAURANT

STRAWBERRY AND STRAWBERRY JAM
July 8, 2020
PELATIHAN BARISTA GRATIS
July 13, 2020

Saat tamu datang ke sebuah restorant hotel, selain menikmati jamuan dan menu yang ada, tentunya mereka juga harus di suguhi dengan satu pelayanan yang baik, yang profesional dan menggambarkan Hospitality (keramah tamahan) yang tinggi.

Hospitality yang tinggi tentu akan membuat tamu merasa lebih nyaman, merasa diperhatikan dan merasa disambut dan diperlalukan dengan baik. Efek yang mungkin timbul dari hal tersebut adalah, tamu akan memberikan komen yang baik dan rekomendasi yang baik juga bagi yang lainnya. Sehingga yang diharapkan sebagai imbasnya adalah kepuasan tamu yang berkunjung dan kedatangan tamu yang berikutnya sebagai hasil taburan hospitality yang kita lakukan pada tamu lainnya.

Menciptakan Hospitality yang sesuai dengan konsepnya tentu mempunyai kriteria dan langkah yang mesti dilakukan. Tidak semua orang bisa menerapkannya ketika tidak paham dengan konsep ilmu hospitalitynya. Berikut akan diuraikan langkah-langkah dalam melayani tamu di restoran dengan baik. Dalam ilmu hopitality, langkah ini dikenal dengan nama Sequence of Service. Apa saja itu, yuk baca baik-baik.

  1. Greeting atau salam pembuka kepada tamu yang baru datang, sesuai dengan waktunya (selamat pagi, selamat siang atau lainnya).
  2. Menanyakan perihal, apakah tamu tersebut sudah reservasi sebelumnya dan juga sekaligus menanyakan jumlah nya (total pax)
  3. Escorting guest, mempersilahkan atau mendampingi tamu atau menghantarkan tamu ke meja yang ada atau meja yang sesuai dengan pesanannya.
  4. Mempersilahkan tamu tersebut duduk sambil membantu mereka menarik kursinya dari area meja. Dalam hal ini, prioritaskan anak-anak dan perempuan yang lebih tua jika ada.
  5. Setelah tamu duduk dengan baik, bantu buka lipatan guest napkin yang disiapkan diatas meja ke pangkuan tamu dengan meminta izin terlebih dahulu. Hal ini bersifat formal.
  6. Setelah semua tamu mengenakan guest napkinnya, kemudian tuangkan air mineral kedalam gelasnya (water goblet) secara perlahan dari sisi kanan tamu dan berputar menurut arah jarum jam. Jangan lupa untuk minta izin terlebih dahulu.
  7. Menawarkan menu kepada tamu dengan menyodorkan buku menu yang ada secara pelan dan kondisi terbuka pada covernya. Arahkan tamu jika mereka terlihat bingung dalam menentukan dan memilih menu tersebut dengan memberikan sedikit penjelasan simpel [ada beberapa menu yang akan di rekomendasikan.
  8. Repeat Order, ulangi pesanan tamu yang sudah dicatat pada Captain Order secara jelas untuk menghindari kesalahan pemesanan. Setelah itu baru dikonfirmasi ke bagian Kitchen untuk makanan, dan kebagian Bar untuk minuman
  9. Bersegera menyiapkan dan menyesuaikan kebutuhan Cuttleries pada meja tamu sesuai dengan jenis menu yang mereka pesan sebelum makanannya di antar.
  10. Segera antar makanan tamu jika sudah selesai di produksi. Durasi antara Taking order dengan makanan sampai pada meja tamu tidak boleh lebih dari 15 menit masa tunggu. Jika akan membutuhkan waktu yang lebih lama, maka segera infokan kepada tamu atas keterlambatan tersebut dengan alasan yang masuk akal dan dengan bahasa yang sopan.

Bahasa yang sopan pada dunia Hospitality biasanya disebut dengan “Magic Word”, contohnya Mohon maaf Bapak atas…..

Mengenai “Magic Word” ini akan dikupas pada session berikutnya. Tetap ikuti dan kunjungi website kami untuk informasi dan edukasi lainnya.

Royal Asia College, Lembaga Pelatihan Kerja pada Bidang Perhotel dan Tata Boga

Royal Asia College beralamat di Jalan Samudera no. 16 EFG Padang.

Telp: 0751 – 8956923

HP/WA: 08124110041 – 08116949800

IG : royal_asia_college

FB : Royal Asia College

Youtube : Royal Asia College Official

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *