MAGIC WORDS AT HOSPITALITY INDUSTRY

CAESAR SALAD
July 14, 2020
HOTEL AND OFFICE ADMINISTRATION
July 20, 2020

Didunia hospitality industri sangat di sarankan bagi kita para hotelier untuk selalu menggunakan magic words. Apa itu Magic Words, secara harfiah Magic Words adalah kata kata ajaib yg digunakan untuk membuat lawan bicara merasa dihargai,merasa nyaman dan mengerti tentang apa yang kita sampaikan ke tamu dan berharap mereka memahami dengan baik maksud kita.

Ucapan ucapan pada magic words sangat sederhana,namun memberikan makna yang sangat dalam terlebih saat kita mengucapkannya dengan bersungguh sungguh di sertai senyum yang tulus. Yang tadinya kita merasa bahwa akan mendapatkan komplain dari tamu karena situasi tertentu, dengan Magic Words diharapkan kekecewaan mereka bisa sedikit di reda kan

Berbicara tentang Magic Words , sekurangnya ada 5 rangkaian Magic Words yang sering diucapkan para hotelier utk membangun kepercayaan atau keterlibatan dengan para tamu. Meskipun diluar sana begitu banyak sebenarnya Magic Words yang dibangun dan disampaikan sesuai dengan kondisi saat itu, namun kita tidak akan bahas keseluruhannya.

  1. Selamat datang di.. atau  welcome to …

Greeting pertama, saat tamu datang pada lokasi kerja kita. Berikan Greeting yang bisa membuatnya nyaman dan merasa disambut dengan antusias agar  menjadi kesan pertama yang mendalam bagi mereka. Contohnya : Welcome to Royal Asia Hotel, feel like your home.

Pilihan kata-kata yang tepat memancarkan kehangatan sambutan, sehingga tamu merasakan bahwa pilihannya adalah sudah sangat tepat

2. Dengan senang hati atau kami sangat bahagia

Ucapan ini memberikan kesan bahwa kita para hotelier dengan senang hati dan bahagia dapat memberikan pelayanan kepada para tamu, senang dikunjungi oleh mereka, bahagia dapat bertemu dengan mereka dan pastinya tamu pun akan merasa nyaman pada saat mereka ada ditempat kita atau pun meminta tolong  sesuatu kepada kita.

3. Ucapan terima kasih /menghargai tamu

Mengucapkan terima kasih pada setiap akhir interaksi,  hal ini mencerminkan bahwa seolah-olah interaksi yang mereka bangun dengan kita, percakapan dan pertemuan yang terjadi antara kita sebagai karyawan dengan tamu merupakan suatu kebanggana bagi kita. Hal ini diharapkan bahwa akan terjadi engagement atau keterikatan antara pribadi kita dan juga perusahaan dengan tamu tersebut. Sehingga feedback yang kita harapkan adalah mereka akan datang dan kembali kepada kita.

4. Maaf

Kata maaf mungkin bagi sebagian orang adalah identik dengan kesalahan. Namun bagi para hotelier, kata Maaf merupakan satu anak panah yang bisa membungkan kekecewaan tamu, sehingga tamu bisa memahami kondisi yang ada dan merasa sangat dihargai. Contohnya, tamu memesan secangkir kopi dan minta diantar ke kamarnya  melalui Room Service. Setelah pesanannya kita ambil dan catat, sebelum menutup telepon, berikan sedikit Magic Words berupa kata maaf tadi, “Maaf Bapak, kopinya akan segera kami antar ke kamar Bapak, mohon Bapak menunggu sebentar”. Kalimat ini akan menjadi senjata ampuh kita kepada tamu untuk menyuruh mereka menunggu dengan cara yang lebih halus.

5. Kami sangat senang atas kehadiran anda, kami tunggu kedatangan  anda kembali

Ini mengesankan bahwa para tamu yang datang merasa dihargai, kehadiran para tamu membuat hati kita bahagia dan senang, kehadiran mereka sangat kita butuhkan, sehingga mereka merasa tersanjung dan berkenan untuk kembali lagi.

Itulah sedikit ulasan tentang Magic Words. Para hotelier harus membiasakan diri untuk hal-hal seperti tersebut diatas. Semoga bermanfaat.

Sampai ketemu di kelas Perhotelan Royal Asia College bagi yang tertarik mendalami ilmu perhotelan untuk menjadi seorang Hotelier sejati dengan karir yang cemerlang. Royal Asia College “a place to Start Your Career – We Make Your Career Succes”

Tertarik Bukan…???

Yuk kepoin kami di :

IG : royal_asia_college

FB : Royal Asia College

Youtube : Royal Asia College Official

Atau hubungi kami di : 08124110041 – 08116949800

Royal Asia College : Jl. Samudera no.16 EFG Taplau Padang Telp : 0751 – 8956923

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *